Senin, 09 Februari 2009

Silabus Shorinji Kempo (Bahasa Indonesia)

Hitungan


Angka yang tercantum di bawah ini digunakan ketika penghitungan selama melakukan gerakan/latihan atau ketika melakukan gerakan dasar/Kihon (kihong) dalam prakteknya, atau ketika penghitungan selama Kata praktek dan ken (king).


Jepang

Cara mengeja

Indonesia

Ichi

Ni

San

Shi

Go

Roku

Shichi

Hachi

Ku

Ju

Ich / Its

Ni

Sang

Si

Go

Ruk

Sich / Sits

Hach / Hats

Kyu

Ju

Satu

Dua

Tiga

Empat

Lima

Enam

Tujuh

Delapan

Sebilan

Sepuluh

Informasi Untuk Kenshi

Berikut adalah definisi dari kata dasar dan istilah umum digunakan di dojo dan penjelasan ketika menggunakannya, untuk definisi/penjelasanb lebih dan arti dari kata-kata dan frasa lihatlah halaman kamus.

Perintah umum dan Frase

Onegaishimasu (Silakan) - Said Reing sementara, sebelum pelatihan dimulai pada awal pelajaran dimulai dan sebelum latihan dengan mitra.

Arigato Gozaimashita Terima kasih banyak – Kata-kata ketika malakukan Rei, ketika selesai pelatihan dengan pasangan, pada akhir pelajaran dan setelah menerima instruksi / bantuan dari Sensei atau siswa lainnya.

Rei Palms bersama dalam salam. - Rei digunakan sebagai sebuah perintah ketika kenshi digabungkan dalam baris sebagai instruksi untuk melakukan tindakan Rei. Perintah yang diberikan oleh orang yang berdiri di depan posisi kanan.

Naore (tangan diturunkan) - Digunakan sebagai perintah ketika kenshi berkinerja Rei.. Perintah yang diberikan oleh orang yang berdiri di depan di posisi kanan.

Hajime (Mulai) - Perintah yang diberikan untuk menginstruksikan kenshi harus mulai berlatih.

Yame Berhenti - Perintah yang diberikan kepada kenshi menginstruksikan untuk menghentikan apa yang mereka lakukan. Perintah harus dipatuhi dengan segera.

Chosokuu mengontrol pernafasan - ketika diberikan sebagai sebuah perintah kenshi harus bernafas dalam-dalam sementara tubuh melakukan stretching dengan tangan di atas kepala, dan nafas dikeluarkan secara perlahan, secara santai pemanasan/stretch diturunkan secara perlahan dengan diiringi turunnya lengan.

Kiai Letupan semangat - Memaksa udara membentuk paru-paru, Kiai yang harus dihasilkan dari diafragma (seperti bernyanyi) bukan dari tenggorokan. Kiai digunakan ketika punching atau menendang dan mengubah sikap.

Shugo berkumpul – diberikan sebagai sebuah perintah untuk berkumpul dalam barisan.

Seiretsu Line up - Perintah yang diberikan oleh Sensei atau instruktur.

Kamae Ambil posisi atas - Perintah diberikan misalnya ketika diberitahu untuk mengubah sikap.

Kenshi – orang yang mempelajari teknik Kempo. Sama halnya dengan karate-karateka, Judo-judoka, Aikido-aikidoka, boxing-boxer, tae kwon do-tae kwon doin, dsb

Kohai – adik seperguruan atau kenshi yang masuk ke dalam Organisasi Shorinji Kempo / Baladiri Kempo belakangan.

Senpai (Simpai) – kakak seperguruan atau kenshi yang lebih dulu memasuki organisasi kempo / bela diri shorinji kempo atau (senior).

Sensei – Guru - biasanya diatas III Dan

Sihang - Maha Guru

Randori - nomor kejuaraan yang bersifat kontak fisik atau bisa disebut sebuah pertarungan agar lebih mudah menyebutnya…

Embu - Peragaan jurus2 atau teknik2 yang dimiliki oleh para kenshi yang diterapkan sesuai dengan tingkat sabuk yang dimiliki dengan penilaian keserasian, … kalo di Karate biasanya disebut dengan Kata

Wasare – seperti ippon yang biasa kita dengar, artinya ga begitu tahu tapi yang pasti saat serangan kita masuk ke dalam pertahanan musuh itu yang dinamakan wasare dalam pertandingan Kempo.

Ippon – saat serangan kita benar2 masuk ke dalam pertahanan musuh dan benar sesuai dengan teknik beladiri sampai musuh tidak bisa berdiri lagi untuk melanjutkan pertandingan.

Batsu - saat penyerang melakukan teknik yang salah dan melukai lawan yang bertahan di areal vital yang sebenarnya dilarang dan melanggar aturan pertandingan, sehingga pihak yang bertahanlah yang menang. Kemenangan yang diperoleh dari pihak yang bertahan disebut “Batsu”.

Yoshikachi – situasi kemenangan bila dimana kedua pihak tidak bisa memasukkan serangan dan penilaian berdasarkan teknik serta kefektifan serangan serta agresifitas serangan.

hehehe maaf yaaaa, seandainya ada kesalahan dalam pengejaan, hahahaha karena saya juga g' pernah kursus atau belajar bahasa jepang.. tolong kasih saran dan kritiknya deh, tapi yang ngebangun looo.....

buat kenshi-kenshi kami yang ada di SMA Bati-bati terima kasih atas sarannya yaaaaa...

maaf kalo buat istilah-istilah kempo g' diposting dulu deeeh, karena belum minta izin sama sempai-sempai kita, tapi kalo kohai-kohaiku mau minta dikopiin bisa minta langsung aja sama saya (boleh panggil sempai ipul juga boleh panggil kohai ipul, tergantung hehehe).....

Demi tanah air, demi persaudaraan, demi kemanusiaan


7 komentar:

t4l4mburang mengatakan...

btw, mantap bro. 1 koreksi, panggilan Sensei tidak berlaku umum untu III Dan atau IV Dan ke atas, tapi hanya mereka yang adalah anggota Dewan Guru saja yang dapat dipanggil Sensei. Jadi, kalau seorang Kenshi menyandang V Dan tetapi tidak masuk dalam Anggota Dewan Guru, tetap dipanggil sebagai Sempai. Sebaliknya, kalau seorang Kenshi walaupun baru IV Dan tapi sudah masuk menjadi Anggota Dewan Guru, layak dipanggil sebagai Sensei.
Kalau pendapat saya salah, mohon diluruskan.

t4l4mburang mengatakan...

Ada kesalahan dari komentar saya yang pertama, Anggota Dewan Guru menurut ART adalah minimal Kenshi V Dan yang aktif berlatih dan melatih, merupakan penguji Kempo Nasional, Berusia minimal 40 tahun, dll. (jadi tidak mungkin seorang yang baru IV Dan menjadi anggota Dewan Guru dan dipanggil Sensei)

Syaipul Fadilah, S.Th.I., M.A.P mengatakan...

yaaa... terima kasih atas koreksinya.. itulah yang kami harapkan di Blog ini... selain bisa menjadi informasi buat para kenshi, diharapkan blog ini juga bisa menjadi sebagai ajang tukar informasi dan perluasan persaudaraan sesama kita agar bisa lebih saling mengenal....

afifuddin mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb....!
Salam persaudaraan dan salam kenal dari kenshi Kempo Unsyiah (Aceh)

Luthfi mengatakan...

Gassho rei . . .

Sempai,, salam kenal,, dari ketua UKM Shorinji Kempo Universitas Padjadjaran

Luthfi Adam
(085624090610)

semoga kita bisa saling kontak

Unknown mengatakan...

Mhn arahan nama2 pukulan, tendangan, dan tangkisan yg lengkap

Unknown mengatakan...

Mhn arahan nama2 pukulan, tendangan, dan tangkisan yg lengkap