Sabtu, 17 September 2011

Sensai Indra Kartasasmita


Indra Kartasasmita
Anggota Dewan WSKO
Pelatih Resmi WSKO
Anggota Dewan Kehormatan, dan Ketua Dewan Guru PERKEMI

Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (PERKEMI) memiliki lebih dari 50.000 kenshi , yang membuatnya sebagai Federasi Beladiri Kempo terbesar kedua setelah Jepang. Sensei Indra Kartasasmita adalah Anggota Dewan Kehormatan, dan Ketua Dewan Guru PERKEMI Periode 2010-2014, serta Anggota Dewan WSKO. Yang lebih penting adalah, beliau adalah salah satu orang yang membawa dan menebarkan Benih Shorinji Kempo di Indonesia.

Sensei Indra: Indonesia tidak memiliki peraturan hukum yang memperhatikan olahraga. Saya hendak membuat system yang menjamin kehidupan bagi atlet setelah mereka pensiun dari olahraga atau karena cedera. Kami menginginkan peraturan hukum untuk mendukung atlet yang berprestasi. Itulah yang kami bicarakan dalam komite yang beranggotakan Anggota DPR, dimana saya menjabat Ketua.

-Bagaimana anda mengenal Shorinji Kempo?

Sensei Indra: Saya kuliah di Tenri University dan Doshisha University Graduate School. Saya belajar Judo, Karate,dan Iaido juga. Suatu hari, Ginanjar (Sensei Ginandjar Kartasasmita),salah satu teman saya yang juga belajar di Jepang, meminta untuk dibanting. Jadi saya pun mencobanya,tapi malah saya yang terbanting. Saya menanyakan budo (beladiri) apa itu, dan jawabnya RAHASIA. Sungguh menyebalkan!

Setelah itu saya mengetahui bahwa teknik yang dipakai di saya adalah Shorinji Kempo, dan menemukannya di Kyoto Bersuin, dimana Kaisho dan para Sensei lainnya mengajar.

Kaisho mengajar disana tiap 5-7 hari perbulan. Beliau menggunakan tekniknya ke saya, dan ketika saya berkata “itai yo, itai yo (itu sakit)”, beliau pun berkata, “Lihat teknik inipun berfungsi kepada orang asing.”

Sekeras apapun latihannya, Sensei Indra datang ke dojo seawal mungkin dan baru pulang setelah yang lainnya pulang. Setelah latihan,dimana Kaisho menggunakan tekniknya kepada Sensei Indra, Kaisho pun berkata ”Tangan dan kakimu pasti sakit sekali”, dan kaisho pun mentraktir Sensei Indra semangkok mie udon. Kata-kata yang bersahabat dari Kaisho “Kamu Suka?” menyentuh hati Sensei Indra yang paling dalam.

-Apakah anda mengingat kata-kata yang paling jelas dikatakan Kaisho Kepada anda?

Sensei Indra: Kaisho secara berulang-ulang berkata kepada saya “Kuasai Shorinji Kempo dan sebarkan di Indonesia.” Itu bukan untuk diri saya pribadi, melainkan untuk Indonesia.

Pada 30 September 1965, terjadi percobaan Kudeta, oleh Partai Komunis Indonesia. Kudeta itu tidak berhasil, namun rakyat merasa tidak aman. Para pemuda merasa kecewa. Dalam keadaan semacam itulah Sensei Indra mulai mengajarkan Shorinji Kempo di Indonesia


Sensei Indra: Para pemuda pada masa itu cenderung membentuk geng preman. Pada saat saya melewati suatu taman, ada sekelompok geng preman datang dan mengepung saya. Saya membuat lingkaran dengan garis tengah sekitar 3meter di tanah, dan menantang mereka untuk masuk dan melawan saya satu lawan satu. Saya menunggu dalam Taiki Gamae. Ketika salah satu preman meraih tangan saya, saya menggunakan Gyaku Gote, lalu dilanjutkan Ura Gatame. Lalu saya berkata kepada preman yang lain, kalau dia bisa mati kalau diteruskan.

Dua dari para preman tersebut menjadi murid dari Sensei Indra. Sensei Indra membuat mereka berjanji untuk tidak berbuat jahat lagi dan mengijinkan mereka menjadi pengikutnya. Kenshi-kenshi baru tersebut sesekali menunjukkan tabiat preman mereka. Pada saat-saat tersebut, Sensei Indra mengingatkan mereka dengan kata-kata kasar, sampai dengan mereka tidak menunjukkan tabiat buruk mereka, dalam perkataan.


Sensei Indra: Indonesia adalah Negara dengan umat Islam sebagai mayoritas. Saya sering berkatakata-kata yang sangat menghina seperti “Kamu babi!”. Lalu saya pun memberikan wejangan yang panjang kepada mereka. Mereka memerlukan pelajaran yang tegas agar dapat menerima apa yang hendak saya yakinkan kepada mereka.

Keadaan ini mirip dengan Jepang saat mereka kalah dalam perang Pasifik

Sensei Indra tidak mengijinkan Kenshi untuk menunjukkan teknik Shorinji Kempo kepada orang lain sebelum Kenshi tersebut mencapai Kyu-III. Beliau menjaga teknik tersebut sebagi rahasia, sehingga orang yang belajar Shorinji Kempo bangga dengan apa yang telah mereka pelajari. Ketika kenshi mencapai Kyu-III kenshi tersebut diperbolehkan membawa teman mereka, namun dibatasi hanya satu atau dua orang saja.


Sensei Indra: Anda mungkin bertanya-tanya kenapa kami menjaganya sangat rapat dan rahasia. Salah satu alasannya adalah kami bisa saja dilarang untuk belajar Kempo, jika ada seseorang membawa orang komunis untuk menjadi anggota kami.

Sistem semacam ini terus berlangsung hingga angkatan Kenshi ke-enam.

Sambil mengajarkan filosofi Shorinji Kempo, beliau menambah anggota sedikit demi sedikit. Salah seorang anggota awalnya saat ini menjabat menjadi President dari sebuah Bank Jerman.

Sensei Indra: Di Indonesia ada semacam ungkapan, jika kamu berkata akan membangun rumah, maka bangunlah rumah itu. Ini adalah perwujudan dari akutalisasi diri. Saya berkata kepada Kenshi saya, jika mereka akan lulus ujian, maka mereka akan lulus. Tetapi saya tidak menerima sifat arogan.

Ketika seorang Kenshi lulus ujian, dia akan dilempar ke lumpur, bukan malah diberi ucapan selamat. Sebab, jika saya ucapkan selamat kepadanya, dia akan berhenti berlatih.

Tradisi semacam ini berlangsung hingga kini.

Tradisi ini terjadi pada hari terakhir Gashuku. Setelah menerima kenaikan tingkat, semua Kenshi Laki-laki yang lulus, disuruh membuka dogi atas mereka, diperintahkan untuk tidur terlentang, dan dicambuki dengan obi oleh sempaimereka. Mereka diperintahkan untuk sit up, sementara Kenshi senior menginjak tubuh mereka. Terdengar teriakan dimana-mana.

Tetapi,jika kita perhatikan, walaupun mereka berteriak, para kenshi yang lulus ujian tersebut tersenyum, dan semua pihak menikmati upacara yang gila-gilaan tersebut. Setelah itu, mereka dibawa ke sungai di luar dojo, dan tubuh merekapun dipenuhi lumpur, sementara senyuman bahagia terpancar dari wajah mereka.


Sensei Indra: Alasan kenapa Shorinji Kempo dapat menjadi organisasi besar di Indonesia adalah dikarenakan Pelatih-pelatihnya adalah orang Indonesia, yang memahami orang Indonesia, dan mengajarkan Shorinji Kempo dengan cara yang dapat dilakukan oleh orang Indonesia. Kami mengajarkan Shorinji Kempo di Indonesia dengan disiplin yang keras.

(4 Februari 2006, pada saat HUT ke-40 Perkemi, dilaporkan oleh Toru Hatsuki, Chief Editor dari Kaiho Shorinji Kempo)
sumber
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=368268565&postcount=3683

Tidak ada komentar: